Kamis, 29 Mei 2014

Apa Warna KUKUmu?

Berdasarkan dunia medis, kuku memiliki fungsi sebagai deteksi dini terhadap kondisi kesehatan.
Berikut ini beberapa perubahan yang terjadi pada warna kuku yang dapat mengindikasi adanya penyakit dalam tubuh:

1. Kuku berwarna kekuningan





Perubahan warna kekuningan menandakan kondisi sistem pernapasan yang terganggu, misalnya bronchitis kronis. Kuku kuning biasanya juga menunjukkan adanya infeksi jamur. Selain itu, sebagai salah satu gejala Tiroiditis (gangguan hormon tiroid). Kuku juga bisa menguning, walaupun tidak selalu terjadi pada pasien Tiroid.

2. Kuku berwarna kebiruan



Kuku dengan warna kebiruan sering dijumpai pada pasien yang menderita penyakit paru kronis/menahun. Ini terjadi karena kurangnya oksigen yang beredar termasuk oksigen yang sampai ke pembuluh darah di bagian bawahkuku, bahkan jumlah karbondioksida jauh lebih banyak dibanding kadar oksigennya.
 
3. Kuku berwarna kemerahan

Pada orang Lupus, warna kukunya dapat menjadi kemerahan, tetapi hal ini tidak selalu terjadi. Kemerahan pada kuku antara lain disebabkan peradangan atau inflamasi pada seluruh organ tubuh sehingga peradangan juga terjadi pada kuku. Karena terjadi radang, pembuluh darah di bawah kuku juga bertambah sehingga warna kuku menjadi merah.


4. Kuku berwarna putih

Kuku yang cenderung berwarna putih dengan pinggirannya gelap, mengindikasikan adanya penyakit pada liver, seperti hepatitis.

5. Kuku yang terlihat pucat
 

Terkadang, warna kuku yang pucat dihubungkan dengan proses penuaan.  Namun, bisa juga menandakan penyakit, seperti anemia.





(sumber : majalah wanita UMMI edisi No.07/XXI Nopember 2009/1430 H - Kesehatan Keluarga "Intip Kondisi Kesehatan Lewat Kuku")



Tidak ada komentar:

Posting Komentar